News &
Updates

News Image

Share

Workshop Jurnalistik, Asyik!
6 Mei 2023

Masyarakat milenial sangat membutuhkan berita real time di media online. Untuk itu, kemampuan para guru dalam bidang menulis online sangat diperlukan. Dalam penyajian berita yang akurat dan menginformasikan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan sekolah, menjadi daya tarik bagi milenial untuk menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan yang tepat. Guna mengasah kemampuan para guru dalam bidang jurnalistik, maka diadakan workshop Menulis Berita di Media Online, Sabtu (06/05/2023).

Kegiatan Workshop bagi para guru berlangsung mulai pukul 08.00 WIB di aula TK-SD Santa Maria. F.X. Rudy Prasetya, S.S., M.Med.Kom., yang menjadi narasumber, dalam workshop ini menekankan pentingnya pelayanan bagi para masyarakat milenial, yang menjadi pelanggan sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Paratha Bhakti, khususnya kampus Santa Maria, Surabaya. “Jangan sampai pelanggannya milenial tetapi kita layanan beritanya masih kolonial” ujarnya.

Pemaparan materi penulisan berita online, yang disajikan membuat guru-guru makin terbuka wawasannya, makin ingin mengetahui bagaimana cara menulis di berita online. Pemaparan disampaikan sangat dinamis, tampilan materi yang menarik, dan interaktif, membuat para guru makin memahami, ternyata menulis jurnalistik sangat mengasyikkan. 

6 Mei 2023 dijadikan tonggak perubahan dan kebangkitan para guru dalam bidang menulis di media. Diharapkan dalam satu minggu, minimal ada dua berita yang tersaji di media online sekolah. Semua guru wajib memiliki kemampuan menulis dan menuangkan tulisannya di media online.

Berita-berita yang pernah disajikan di media online sekolah, dikritisi bersama, sehingga ke depan, kualitas tulisan lebih baik. Tulisan harus diperhatikan, gambar tampilan, dipadu dengan tayangan video yang menarik akan menambah daya tarik bagi pembaca untuk membaca lebih jauh tentang berita yang disajikan. Tidak lupa, yang utama adalah penulisan judul yang menarik, sehingga pembaca menjadi penasaran untuk mengetahui isi berita.

Para guru juga ditantang dalam waktu satu jam harus mampu membuat sebuah berita berdasarkan materi yang disajikan. Paling lambat pukul dua belas sudah diunggah di drive yang telah disediakan pihak penyelenggara. Hasil karya yang terkumpul akan diseleksi dan diambil pemenang. Tulisan yang terpilih akan dimuat dimedia online sekolah, menjadi Breaking News.

Berita tidak hanya 5W+1H, harus ada Wow. Apa itu? Tunggu hasilnya dalam tampilan tulisan para guru di WEB Sekolah, di kampus Santa Maria, Surabaya. Hingga berita ini ditulis, kegiatan penulisan para guru masih berlangsung. Bravo para guru Santa Maria Surabaya! Selamat berlatih dan mengasah keterampilan menulis!

 

(Penulis: FX. Marjanto/Guru SD Santa Maria Surabaya)