News &
Updates

News Image

Share

Uji Kompetensi Guru
31 Januari 2024

Uji Kompetensi Guru

WhatsApp Image 2024-01-29 at 14.28.29

Bersama Tim Universitas Sanata Dharma

 

Surabaya, Kampus Ursulin–Sanmaris. Kamis (11012024). Yayasann Paratha Bhakti mengadakan Uji Komptensi Guru (UKG). yang dilakukan di Aula lantai empat. Uji Kompetensi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru agar menghasilkan pendidikan yang berkualitas, sehingga terciptanya siswa-siswa yang berkualitas pula. 

Beberapa peningkatan kualitas guru dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengikuti UKG. UKG kali ini di lakukan oleh tim dari Universitas Sanata Dharma. 

Sebelum mengikuti UKG para guru diminta untuk mengumpulkan modul ajaran. Setelah itu, guru diberi pengetahuan mengenai kurikulum merdeka dan pembelajaran berdeferensiasi. 

Kemudian para guru diminta untuk berdiskusi mengenai kendala apa saya yang dialami di kelas dan pelatihan yang bagaimana yang ingin diikuti oleh para guru. 

Para guru berdiskusi sesuai dengan jenjangnya agar lebih memahami satu dengan yang lainnya. Setelah berdiskusi, perwakilan tiap kelompok diminta untuk memaparkan hasil diskusinya tentang kendala yang dialami tiap kelas pada tiap jenjangnya. 

UKG kali ini agak berbeda dari biasanya, di mana guru diberi soal teoritis dan menjawabnya. Para guru mendengar langsung segala permasalah dari guru yang lain, yang mengajar pada jenjang yang sama. 

Para guru memberikan tanggapan dari setiap permasalahan yang disampaikan oleh guru yang lain tersebut. 

WhatsApp Image 2024-01-29 at 14.28.27

Semoga dengan mengikuti UKG ini para guru semakin kreatif dalam memberikan pembelajaran yang menarik dan membuat para siswa mampu mengembangkan kemampuannya. 

 

Penulis  : Fransisca Dian Ayu Ningtyas

Editor    : FX. Marjanto