News &
Updates

News Image

Share

Temanku adalah Keluargaku
15 Desember 2023

Temanku adalah Keluargaku

 

Surabaya, Kampus Ursulin–Sanmaris. Jumat, 8/12/2023, siswa-siswi SD Santa Maria Surabaya mengikuti kegiatan Rekoleksi. Dalam kegiatan Rekoleksi ini dibagi menjadi tiga kelompok kelas, yaitu kelas 1 dengan kelas 2, kelas 3 dengan kelas 4, dan kelas 5 dengan kelas 6. Kegiatan rekoleksi kelas 3 dan 4 dipimpin para frater dari Seminari Tinggi yang ada di Surabaya. Frater yang mengisi rekoleksi ialah Frater dari STPD (Seminari Tinggi Providentia Dei) Surabaya dan Suster Kristofora, OSU. Salah satu Frater yang mengisi Rekoleksi bernama Frater Aldo yang mengisi Rekoleksi kelas 3 dan kelas 4 yang bertempat diauli TK SD.

Materi yang diusung dalam rekoleksi yang diikuti oleh kelas 3 dan kelas 4 adalah “Bullying”. Kegiatan dibuka dengan doa yang dipimpin oleh salah satu siswi kelas 3 dan dilanjutkan dengan materi. Dalam penyampaian materi, ada sesi tanya jawab antara Frater dengan siswa- siswi. Salah satu pertanyaan yang menarik dilontarkan frater adalah “Mengapa orang itu membully?” Ada siswa yang menjawab “Karena meraka iri dengan kita. Kegiatan Rekoleksi selanjtnya adalah menulis sebuah pesan untuk teman dan diri sendiri.

Pesan yang dituliskan para siswa siswi adalah harapan akan perbuatan yang baik-baik dan memaafkan perbuatan yang kurang baik. Dalam kegiatan tersebut cukup unik karena siswa siswa diberikan sebuah amplop dan diminta untuk menuliskan nama dan kelasnya serta dihias.

Setelah dihias amplop tersebut ditempelkan pada kertas manila yang sudah disediakan dibantu oleh bapak ibu guru. Siswa-siswi diberikan 3 kertas untuk menuliskan sebuah pesan untuk teman dan diri sendiri, keinginan apa yang ingin dilakukan baik itu oleh diri sendiri atau bersama teman, memaafkan perilaku teman yang kurang baik, kemudian dimasukan amplop yang sudah ditempelkan di kertas manila sesuai dengan namanya.

Setelah para siswa siswi selesai menulis dan memasukan kertas tersebut ke dalam amplop kegiatan Rekoleksi selesai. Siswa-siswi membereskan peralatan yang digunakan dan berdoa untuk menutup kegiatan Rekoleksi. 

 

Penulis  : Christoforus Riantoni

Editor    : FX. Marjanto