News &
Updates

News Image

Share

Serunya Berdinamika Bersama TK Santa Maria Surabaya
30 Januari 2024

Serunya Berdinamika Bersama TK Santa Maria Surabaya

Surabaya, Kampus Ursulin–Sanmaris. Kamis, (25/01/2024) kegiatan kakak-adik diselenggarakan oleh unit SD dengan unit TK Santa Maria Surabaya. Yang berperan sebagai kakak berasal dari siswa-siswi SD kelas 1 dan kelas 6 dan yang berperan sebagai adik adalah siswa-siswi TK. Mereka akan melakukan kegiatan bersama, yaitu melukis Santa Angela di tas spounbond.

Kegiatan melukis Santa Angela di awali dengan menari gerak dan lagu Santa Angela oleh Bu Vanda, guru pengajar Seni dan Budaya kelas 4-6 SD, siswa-siswi KB,TK A,TK B serta kakak kelas 1 dan 6 dikumpulkan di aula TK-SD untuk menari gerak dan lagu bersama-sama. Mereka sangat bergembira melakukan kegiatan menari gerak dan lagu Santa Angela.  Dengan penuh riang bergerak melenggak-lenggokkan badan sambil bernyanyi. Bahkan, siswa TK meminta mengulang kembali untuk menari gerak dan lagu karena mereka sangat menyukai lagu Santa Angela “Gadis Kecil” ini. 

Setelah mereka usai melenggak-lenggok badan bersama-sama, adik Kelompok Bermain (KB) kembali melakukan kegiatan mereka bersama dengan guru di dalam kelas, sedangkan siswa-siswi TK A dan TK B menjdapatkan penjelasan di aula TK secara singkat tentang kegiatan melukis Santa Angela di tas spounbond dengan menggunakan cat air. Seusai penjelasan kakak dari SD bersama adik TK secara bergilliran masuk ke dalam kelas masing-masing. 

 

 

Kakak SD dan adik-adik TK A dan TK B telah dibagi sesuai dengan kelompok. Mereka duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing didampingi guru dari TK dan guru SD di dalam tiap kelasnya.

Siswa kelas 1 SD mampu menjadi seorang kakak yang sangat telaten dalam mendampingi adik-adik yang    masih duduk di TK A dan TK B. Mereka dengan telaten mengajari adik TK, mulai dari mempersiapkan cat air, membagikan bahan tas spundbond yang bergambar Santa Angela serta mencampurkan warna cair air di dalam paletnya.

Jam melukis bersama kakak dan adik TK sudah hampir berakhir. Sebagian besar siswa telah selesai. Adik TK, yang belum selesai, diperkenankan melanjutkan melukis di tasnya kembali. 

Puncak acara melukis Santa Angela ditutup dengan pembagian snack sebagai ucapan terimakasih kepada adik-adik TK yang telah berpatisipasi dalam kegiatan melukis adik kakak dalam memperingati Santa Angela Merici. Hingga acara selesai, semua anak tampak bersuka cita.

 

Penulis : Filomena Samiadji Hartanto

Editor  : FX. Marjanto