News &
Updates

News Image

Share

Seminar Pengasuhan Positif Untuk Anak
20 November 2022

Surabaya - Santa Maria. Pengasuhan positif untuk anak sangat penting dalam menghantar anak menuju kedewasaan pribadi yang sukses di masa depan. Untuk itu SD Santa Maria bekerja sama dengan Ikatan Alumni Psikologi Universitas Airlangga mengadakan seminar dengan tema Pengasuhan Positif untuk Anak pada hari Sabtu, 19 November 2022. Seminar ini menghadirkan nara sumber Rieka Intansari, M.PSI.,Psikolog dan Dian Permatasari, M.Psi, Psikolog.

Seminar  Parenting ini diselenggarakan secara daring, terbagi dalam kelompok, yaitu kelas kecil (kelas 1-3) pukul 08.00-09.30  dan kelas besar (kelas 4-6) pukul 09.30-11.30. Orang tua mendapat masukan yang berharga dalam pengasuhan anaknya. Orang tua yang harmonis akan membuat anak menjadi kuat. Rieka mengingatkan “Hati-hati terhadap amarah, perkataan, dan bentakan terhadap anak”. Hal-hal tersebut dapat merusak otak, problem fisiologis, maupun psikologis. Orang tua sangat antusias dalam mengikuti seminar. Ada yang bertanya melalui chat zoom, maupun secara langsung sehingga terjadi interaksi dan mendapat masukan-masukan yang berharga dari narasumber. Di akhir seminar ada hadiah (doorprize) menarik untuk orang tua yang terpilih oleh moderator.

Berikut testimoni dari orang tua setelah mengikuti zoom meeting.


Ibu Evelyn Febriany Kohartono; orang tua dari Bernadette Elena Hendrapraja, kelas 1B:

Kita sebagai orang tua seringkali lupa atau kurang memahami apa yang dirasakan anak sehingga berdampak pada pola pengasuhan kita. Dengan mengikuti webinar ini, kita diingatkan kembali bagaimana parenting positif yg seharusnya diterapkan utk membentuk anak menjadi pribadi yg baik dan bahagia. Saya bersyukur sekolah memberikan wadah seperti ini utk kami orang tua supaya bisa terus belajar demi kebaikan anak2. Terima kasih utk moderator dannarasumber, dan jg SD Santa Maria atas kesempatan yang berharga ini.

 

Ibu Silvia Yuliana; orang tua Maximus Branson Sitolang, kelas 2A:

Bagus, buat mengingatkan kembali kita sebagai orang tua, beberapa teori kita sering dengar tapi pada prakteknya suka lupa, hari ini banyak diingatkan utk jadi ortu yang lebih bijaksana, kita orang tua juga manusia tidak sempurna perlu belajar terus, lewat seminar sepertiini jadi reminder kita ya, terima kasih.

 

Bapak Ricky Willyanto; orang tua Xavier Gilbert Willyanto, kelas 2C:

Secara keseluruhan webinar ini cukup bagus dan informatif. Nara sumber cukup jelas dalam menyampaikan materi. Sedikit masukan saja, sebaiknya diberikan FAQ untuk permasalahan anak yang paling sering terjadi sesuai generasinya sehingga waktu seminar bisa digunakan lebih efisien. 

 

Bapak Budi Hermawan dan Ibu Maria Imaculata Sri Susanti Boediono; orang tua dari sikembar, Michael Fransiskus Hermawan kelas 3B dan Michelle Teresa Hermawan kelas 3C:

Terima kasih Ibu Dian P., Ibu Niken, Bpk/Ibu Guru SD Sanmar yg sdh memfasilitasi webinar parenting "Pengasuhan Positif untuk Anak". Narasumber & materi yg disampaikan menarik banget. Kami jd bertambah wawasan dlm membawa anak-anak ke kemandirian dan kedewasaan tanpa meninggalkan kebahagiaan hidup mereka sbg anak-anak. " HUKUMAN - NO, KONSEKUENSI - YES", ini yg sangat mencuri perhatian kami pada Webinar ini. Semangat terus SD Sanmar utk lbh maju bersama siswa/i dan ortu murid.

 

Ibu Fanny; orang tua Eugene Louise Setiawan, kelas 5B:

Webinar yang sangat bermanfaat menginspirasi para orang tua untuk lebih bisa mendampingi anak-anak dalam era milenial ini.