News &
Updates

News Image

Share

Semarak HUT Pramuka ke-62
18 Agustus 2023
  
 


Semarak HUT Pramukake-62

Surabaya, Kampus Ursulin-Sanmaris. Senin (14/08/2023, peserta didik SD Santa Maria mengikuti perayaan HUT Pramuka ke-62. Kegiatan upacara kali ini dilaksanakan bersama- sama dengan peserta didik dari gugus depan SMP Santa Maria kelas tujuh sampai dengan kelas sembilan. Perayaan HUT Pramuka ke-62 berlangsung dengan khidmat dan meriah. 

HUT Pramuka di pangkalan gugus depan SD Santa Maria diawali dengan kegiatan upacara.Kegiatan upacara ini dilaksanakan di lapangan Santa 

Maria. Setelah kegiatan upacara selesai,ada parade semafor yang dibawakan oleh peserta didik kelas lima.

Setelah rangkaian upacara, peserta didik kelas satu sampai dengan kelas enam berganti kaos kelas dan siap mengikuti lomba-lomba yang sudah disiapkan para guru. Kegiatan lomba ini bertempat di lapangan SD Santa Maria. Ada pun jenis lomba yang diadakan sebagai berikut : kelas satu dan dua mengikuti lomba monster rainbow, kelas tiga mengikuti lomba joget bola, kelas empat mengikuti lomba estafet hulahup, kelas lima mengikuti lomba estafet kelereng, dan kelas enam mengikuti lomba tarik tambang. Mereka sangat senang dengan lomba-lomba yang diadakan sekolah. Di selasar belakang SD Santa Maria juga ada bazar makanan. 

Pada pungkasan acara, ada tampilan tari tradisional dari Jawa Timur yaitu tari Reog Ponorogo. Tarian Reog Ponorogo merupakan salah satu hiburan rakyat, penari utama adalah orang berkepala singa dengan hiasan bulu merak, ditambah beberapa penari bertopeng dan berkuda lumping. Tari Reog Ponorogo juga masuk dalam daftar warisan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO. Urutan Tari Reog yang ditampilkan di SD Santa Maria meliputi warog, jathilan, dan singo barong. Selain itu, juga disisipkan dagelan Jawa dan atraksi akrobatik. Dengan mengenalkan tari Reog kepada peserta didik, diharapkan mereka semakin mengenal dan mencintai budaya bangsa Indonesia.

 

Penulis :    Yustinus Setio Laksono

 Editor   :           FX. Marjanto