News &
Updates

News Image

Share

Pribadi Sehat Berkarakter Kuat MPLS Hari Ke-3
20 Juli 2023

Pribadi Sehat Berkarakter Kuat

MPLS Hari Ke-3

 

Surabaya, Kampus Ursulin - Sanmaris, MPLS hari ke-3 ini, anak-anak SD Santa Maria Surabaya tampil beda. Mereka mengenakan kaos warna-warni sebagai identitas kelas dan memakai bawahan yang sama, yaitu merah. Senam bersama menjadi pembuka. Serentak bergerak mengawali hari. Senam pagi ditutup dengan menyanyikan lagu Serviam dan doa bersama. 

Ada yang spesial kali ini, yaitu kakak-kakak menggandeng adik-adik. Sebuah keteladanan yang wajib dicontohkan dari kakak kepada adik. Kakak kelas enam menggandeng adik kelas satu, kelas lima menggandeng kelas dua, dan kakak kelas empat menggandeng adik kelas tiga. Semangat kekeluargaan dan kebersamaan tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan setiap ada kegiatan yang membutuhkan pendampingan dan keteladanan.

 

Pentingnya tata krama sebagai warga negara yang baik, ditanamkan kepada anak-anak. Ada perilaku bai yang ditanamkan kepada anak-anak, yaitu 4S2TM, Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Tolong, Terima kasih, dan Maaf. Anak-anak harus dapat melaksanakan hal tersebut dalam perilaku sehari-hari. Perilaku tersebut meliputi sikap, tutur kata, maupun tindakan.

 

 

Makan bersama berkesadaran adalah salah satu pembiasaan yang diajarkan dan ditanamkan kepada anak-anak. Sebelum makan bersama, anak-anak bersama guru mendengarkan tujuh  renungan sebelum makan. Didalam renungan tersebut anak-anak diajarkan untuk bersyukur, menghargai orang-orang yang telah menyediakan, dan menghabiskan makanan yang sudah diambil. Setelah mendengarkan tujuh renungan mereka dipersilakan makan dalam hening, ditutup dengan doa bersama. 

 

Kegiatan MPLS disesi akhir, anak-anak diajak menuliskan refleksi dan membangun niat. Refleksi merupakan pembiasaan dilakukan setiap harinya, diakhir pembelajaran bersama bapak ibu guru. Kegiatan refleksi ini merupakan kesempatan anak-anak menuangkan perasaan, pengalaman yang didapatkan selama pembelajaran. Apabila ada permasalahan yang terjadi dapat segera dibantu oleh guru dalam penyelesaiannya, sehingga anak-anak pulang dengan hati yang damai dan penuh suka cita. 

 

Penulis : Irene 

Editor  : FX. Marjanto