News &
Updates

News Image

Share

PRAKTIK PEMBUATAN ALAT PENYARINGAN AIR SEDERHANA
21 Februari 2023

PRAKTIK PEMBUATAN ALAT PENYARINGAN AIR SEDERHANA

Senin, 13 Februari 2023

Penjernihan air dapat dilakukan dengan beberapa cara,antara lain dengan penyaringan, pemanasan, dan penambahan bahan pemutih. Siswa kelas V SD Santa Maria Surabaya akan mempraktikkan salah satu cara penjernihan air yaitu dengan melakukan penyaringan.

Siswa kelas V berkegiatan membuat alat penyaringan air sederhana guna membuat air lebih jernih/layak untuk digunakan. Mereka berkegiatan dalam kelompok.

Setiap kelompok membuat dua alat penyaringan, yaitu yang pertama alat dengan bahan dan urutan lapisan sesuai panduan guru, sedangkan alat kedua sesuai kesepakatan dalam kelompok.

Ada pun bahan-bahan alat penyaring pertama adalah botol mineral plastik ukuran 1,5 liter, pasir, kerikil, baru, arang, tisu, kapas, dan air kotor. Sedangkan alat yang dibutuhkan yaitu cutter, gunting, paku yang dipanaskan, wadah plastik, dan kain saringan.

Alat penyaring kedua berisikan susunan bahan penyaring air yang disesuaikan dengan hasil diskusi bersama dalam kelompok dan disediakan kelompok.

Kegiatan dilakukan secara bergantian tiap kelas dan dilakukan dengan penuh antusias.Mereka memulai dengan mencuci hingga bersih bahan-bahan yang digunakan seperti batu, pasir, dan kerikil. Kemudian menyusun lapisan bahan penyaring dan terakhir memasukkan air kotor. Hasil penyaringan air dapat mereka lihat pada bagian bawah botol.

Setelah selesai membuat dua alat penyaring air, siswa kelas V melakukan pengamatan pada kedua alat penyaringan yang sudah mereka buat. Mereka pun membandingkan hasilnya. Dari hasil yang didapat mereka pun menganalisa mengapa hal itu terjadi. Misal, mengapa hasil air alat A lebih jernih dari alat B, dan sebagainya.

Dinamika pembelajaran pembuatan alat penyaringan air sederhana