News &
Updates

News Image

Share

Pameran Karya Hasil Kreativitas Para Siswa
12 Juni 2023
IMG_20230609_073943

Festival Karya berlangsung meriah di SD Santa Maria, Jumat (9/6/2023). Aneka kreativitas siswa digelar mulai dari selasar depan mading, pintu masuk sekolah hingga di kelas 1A, 1B, dan 1C itu berupa pameran hasil produk maupun proyek siswa selama mengikuti rangkaian kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk kelas I – V dan diramaikan pula dengan presentasi proyek tugas akhir siswa kelas VI. 

Presentasi dari siswa kelas VI, antara lain, sabun batang dari lidah buaya, teknologi membuat excavator, inovasi membuat mini vacuum cleaner dari botol bekas.

Kepala Sekolah, Yunitha Ike Christyowati, ingin agar produk dari usaha dan kerja keras siswa selama berproses dalam PAT dipresentasikan sehingga mendapat apresiasi banyak pihak, selain guru pengampu, guru kelas, siswa dan orangtua siswa tersebut serta menambah semangat dan percaya diri siswa dalam berkarya. Pengunjung dapat menikmati Festival Karya ini mulai pukul 07.30 – 12.00 WIB. Pameran karya siswa terbuka untuk semua siswa dan orangtua.

Hal menarik dari Festival Karya ini adalah pengunjung dapat membeli karya siswa yang dipresentasikan. Orangtua pun sudah dihimbau untuk membawa tas belanja pribadi. Hasil karya yang dapat dibeli seperti batik sibori, batik tulis, tempat tisu, tempat pensil, berbagai barang serba guna dari proyek mengolah barang bekas, dan hiasan dinding. 

Banyak sekali orang tua tertarik dan membeli hasil karya siswa. Hasil penjualan karya siswa ini akan diberikan sekolah kepada para siswa pemilik karya yang terjual. 

Karya berupa produk dalam pameran karya ini ditata apik sesuai kelas sehingga ruang pameran nyaman bagi pengunjung. Tiap kelas dijaga oleh petugas khusus dari siswa kelas V. Para petugas yang berjaga bergantian sesuai waktu yang ditentukan. Petugas pameran karya inilah yang juga melayani pengunjung yang ingin tahu lebih tentang produk yang ada atau pun pengunjung yang tertarik membeli produk. Pengunjung yang hendak membeli produk akan diarahkan petugas ke meja pembayaran yang berada di dekat pintu masuk ruang pameran. Pembayaran ini dibantu oleh dua orang guru. 

Acara gelar karya ini mendapat apresiasi positif dari orangtua. “Pintar sekali Bu, cara promosi petugas pamerannya!” ujar salah seorang ibu sambil tersenyum.  Apresiasi positif juga diberikan oleh Sr. Noorwindhi Kartika Dewi, OSU, selaku Ketua Yayasan Paratha Bhakti. Selain itu, juga Kepala Sekolah TK, Kepala Sekolah SMP Santa Maria Surabaya beserta para gurunya, sangat senang melihat bagaimana para siswa menampilkan talenta yang dimilikinya.

Kegiatan seperti ini tentunya sangat baik untuk dilanjutkan pada tahun pelajaran berikutnya. Siswa semakin bisa mengembangkan diri dari berbagai sisi termasuk kegiatan intrepreneur sejak dini. Mari kita selalu mengembangkan kreativitas para siswa dengan kegiatan gelar karya yang sangat menyenangkan.

Penulis  : Resdiana, S.Pd.SD

Editor    : FX. Marjanto