News &
Updates

News Image

Share

Outdoor Learning Majalah Panjebar Semangat
17 November 2023

Outdoor Learning

Majalah Panjebar Semangat

 

Surabaya, Kampus Ursulin–Sanmaris. (17/11/2023). Pada tanggal 13 November 2023, saya (mama Stanley) dan Anita (mama Audrey) bersama para guru kelas 6 dan siswa-siswi kelas 6, berkunjung ke Panjebar Semangat. 

Dengan naik angkutan umum (mikrolet) menuju ke sana. Seru banget. Hal ini merupakan pengalaman pertama, bersama-sama merasakan angkutan umum tersebut.

Di kantor Majalah Panjebar Semangat, para siswa dan guru mendapat penjelasan tentang sejarah  berdirinya percetakan tersebut, yaitu pada tanggal 2 September 1933.

 

Majalah Panjebar Semangat ini dicetak menggunakan bahasa Jawa. Panjebar Semangat merupakan majalah berbahasa Jawa tertua di Indonesia. Isi majalah Panjebar Semangat bermacam macam, seperti politik dan kesehatan. Majalah Panjebar Semangat didirikan oleh Dr. Soetomo. Umur Panjebar Semangat adalah 90 tahun. Panjebar Semangat terbit setiap hari Kamis. 

Kemudian, siswa-siswi melihat beberapa mesin cetak pada zaman dahulu. Dulu para penulis menggunakan mesin ketik. Setelah itu, para siswa melihat proses cara membuat majalah tersebut. Para siswa juga belajar menulis huruf aksara jawa, yang menjadi semboyan Panjebar Semangat .

Setelah berdinamika di kantor Panjebar Semangat, siwa-siswi kembali ke sekolah.

Kegiatan kunjungan ini sangat bagus dan dapat memotivasi para siswa untuk lebih mengetahui  bahasa Jawa yang tersebar dan dibaca pelanggannya di seluruh Indonesia. Bahkan, majalah Panjebar Semangat ini sudah sampai di Belanda. 

Semoga kegiatan Outdoor Learning  ini juga dinikmati juga oleh para siswa kelas lain.

 

 

Penulis: Shirliy Setyawati (Orangtua Stanley 6A-32)

Editor : FX. Marjanto