News &
Updates

News Image

Share

NYAMANNYA RETRET DI BINTANG KEJORA
31 Januari 2024

NYAMANNYA RETRET DI BINTANG KEJORA

Surabaya, Kampus Ursulin–Sanmaris. Rabu (31/01/2024). Setiap tahun para siswa kelas VI SD Santa Maria Surabaya mengadakan retret di Bintang Kejora Pacet-Mojokerto. Kegiatan retret sudah menjadi kegiatan rutin tahunan kelas VI. Para siswa tampak antusias karena pengalaman pertama bagi mereka yang akan pergi ke Rumah Retret Bintang Kejora Pacet. 

Banyak fasilitas yang digunakan untuk kegiatan para siswa, karena rumah retret bintang kejora baik untuk kegiatan in door atau out door. Kegiatan retret berlangsung selama 3 hari 2 malam. Para siswa dibagi dua gelombang. Setiap gelombang didampingi dengan guru kelas VI dan Bu Ike selaku kepala satuan pendidikan. Gelombang pertama, 8-10 Januari 2024 dan gelombang kedua, 10-12 Januari 2024.

Di sana terdapat aula bersama yang ber AC, tempat outbound, kapel untuk beribadat, ruang  makan, taman, gua maria untuk tempat meditasi atu berdoa bersama, kamar di lantai satu dan kamar lantai dua.  Banyak tempat atau fasilitas yang dapat digunakan para siswa selama berkegiatan di sana. 

Tiba di rumah retret para siswa dibagi dalam kelompok-kelompok, diarahkan untuk masuk ke dalam kamar lalu para siswa diberi kesempatan keliling rumah retret untuk mengamati sekitar.

Para siswa berkegiatan bersama kakak ELP dari Jakarta. Untuk ruang pertemuan setiap session menggunakan ruangan aula bagian atas. Tempatnya sangat luas untuk para siswa. Aula yang besar dan luas sangat puas digunakan para siswa untuk mendengar materi maupun saat melakukan ice breaking bersama kelompok. 

Di Hari kedua para siswa berkegiatan outbound, di bawah aula terdapat halaman yang luas dan rindang. Para siswa dapat melakukan senam pagi dan kegiatan outbound disekitar rumah retret. 

Di hari ketiga, para siswa diminta untuk membuat komitmen dan konsekuensi yang akan dibawa pulang ke sekolah. Kegiatan ini ditutup dengan ibadat bersama di kapel dengan dipimpin oleh Kak Chandra. Para siswa kelihatan sangat terkejut dengan adanya kapel yang nyaman untuk berdoa. Para siswa mengikuti ibadat dengan kidmat.

Selain fasilitas dan tempat yang memadai, Rumah Retret Bintang Kejora juga menyediakan makanan yang sesuai dan cocok untuk disantap oleh para siswa kelas VI. Para siswa sangat lahap makan dan menikmati minuman, khususnya setup murbei. 

’’Bu, saya mau lagi retret disini, karena tempatnya sejuk, makanannya mantap, dan tempatnya luas’’ ujar beberapa anak kelas VI. Sungguh nyaman retret di Rumah Retret Bintang Kejora.

Penulis  : Theressa Septia Dana

Editor    : FX. Marjanto