News &
Updates

News Image

Share

Mohon Berkat Tuhan untuk Penilaian Akhir Tahun
29 Mei 2023

Mohon Berkat Tuhan untuk Penilaian Akhir Tahun

 

Semester II akan berakhir, itu berarti siswa-siswi SD Santa Maria, akan memasuki penilaian akhir tahun. Selama kurang lebih dua semester, siswa -siswi mendapat pengetahun dan keterampilan serta penanaman nilai-nilai Serviam, dari ibu dan bapak guru. Jelang akhir tahun ajaran, siswa-siswi wajib mengikuti penilaian akhir tahun. Kegiatan penilaian akan dilaksanakan pada bulan Mei. Penilaian kelas satu (I) dan empat (IV) disebut sebagai Sumatif Akhir Tahun, sedangkan kelas dua (II), tiga (III), dan lima (V), disebut Penilaian Akhir Tahun, sedangkan kelas enam (VI), disebut sebagai Uji Kompetensi Tertulis.

Jumat, 5 Mei 2023, sekolah mengadakan Perayaan Ekaristi memohon berkat Tuhan untuk mengerjakan penilaian. Perayaan Ekaristi diikuti oleh siswa-siswi kelas I-VI, para guru, tenaga kependidikan, dan orang tua murid. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh RP. Rambang Ngawan, OP. Beliau dikenal dengan nama Romo Rambang dan bertugas di Paroki Redemptor Mundi, Surabaya. 

Perayaan Ekaristi dimulai pukul 07.45 WIB sampai pukul 09.30 WIB dan bertempat di lapangan basket. Dalam Perayaan Ekaristi, siswa-siswi banyak terlibat sebagai petugas. Ada yang bertugas sebagai misdinar, lektor, pemazmur, membaca doa umat, dan petugas persembahan. Petugas berasal  dari kelas I sampai dengan kelas VI. Mereka bertugas dengan baik. 

Romo Rambang memimpin Perayaan Ekaristi dengan penuh sukacita dan semangat. Dalam khotbahnya, Romo menyampaikan bahwa ada tiga cara sukses mengerjakan penilaian, yaitu belajar, belajar, dan belajar. Bahkan Romo Rambang bertanya kepada siswa-siswi, “Siapa yang sudah belajar? Silakan angkat tangan!”  Dengan anutisias, siswa-siswi mengangkat tangan. Hal itu menunjukkan bahwa mereka sudah siap untuk mengikuti penilaian.

Romo Rambang juga mengutip bacaan Injil “Janganlah gelisah hatimu, percayalah kepada Allah”. Romo menyampaikan bahwa tidak perlu gelisah untuk mengikuti penilaian, percaya kepada Allah bahwa Allah akan selalu menyertai. Maka dari itu, perlunya persiapan yaitu belajar dan berdoa mohon berkat Tuhan. Semangat inilah yang harapannya dimiliki oleh setiap siswa sehingga mereka dapat memperoleh hasil yang terbaik dari setiap usaha yang mereka lakukan.

Penulis  : Nathalia Dwi Oetari

Editor    : FX. Marjanto