News &
Updates

News Image

Share

MENGENALI DIRI MENEMUKAN POTENSI MPLS HARI Ke-1
21 Juli 2023

MENGENALI DIRI MENEMUKAN POTENSI 

MPLS HARI Ke-1

 

 

Surabaya, Kampus Ursulin-Sanmaris, Senin, 17 Juli 2023 diadakan kegiatan MPLS hari pertama di SD Santa Maria yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 6. Anak-anak sangat senang ketika datang ke sekolah setelah menikmati liburan sekolah. Kegiatan MPLS ini merupakan pembekalan kepada para siswa agar siap memasuki pembelajaran di tahun ajaran 2023/2024.

 

Kegiatan MPLS diawali dengan upacara bendera yang dimulai dari pukul 07.00. Ada satu hal yang menarik perhatian orang tua yang mengantar anaknya ke sekolah, yaitu penyerahan anak dari orang tua kepada pihak sekolah, untuk dididik di SD Santa Maria. Ibu Ike, selaku Kepala Sekolah, secara simbolik menerima anak-anak untuk menjadi siswa-siswi di SD Santa Maria dengan cara memakaikan topi kepada siswa baru kelas 1 dengan didampingi orang tua siswa-siswi tersebut. Selain itu, para orang tua kelas 1 yang lain, juga mengikuti upacara, berdiri di samping para siswa, sungguh luar biasa antusiasmenya.

Kegiatan selanjutnya yaitu Wiyata Mandala. Kegiatan ini siswa-siswi kelas 1 akan mengenal lingkungan sekolah didampingi oleh siswa-siswi kelas 6 dan ibu guru pendamping. Anak-anak kelas 1 sangat senang dan tertib saat mengikuti kegiatan ini. Mereka berkeliling mengenali bagian-bagian yang ada sekolah. 

Salah satu rute di luar sekolah yang dikunjungi adalah Biara Ursulin, tempat tinggal para suster Ursulin, yang mengelola sekolah Santa Maria, termasuk SD Santa Maria. Di biara, siswa-siswi mengunjungi Goa Maria. Berdoa bersama, agar selama bersekolah di Santa Maria dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

 

 

 

 

 

Saat di kelas, para siswa saling berkenalan. Berkegiatan dalam membangun kebersamaan diselingi dengan menyanyi bersama, sangat menyenangkan para siswa. Kesuksesan mereka, menjadi pemimpin yang humanis dan berwawasan global, menjadi harapan dari bapak ibu guru di SD Santa Maria, yang dinyatakan sebagai sekolah ramah anak di Kota Surabaya.  

 

 

Penulis  : Yohana Aprilia

Editor    : FX. Marjanto