News &
Updates

News Image

Share

Kunjungan ke Museum Teknoform
29 Januari 2024

Kunjungan ke Museum Teknoform 

Surabaya, Kampus Ursulin–Sanmaris. Senin, 15/01/2024, para siswa kelas lima (5) berkunjung ke museum Teknoform. Museum teknoform merupakan museum pertama di Surabaya yang membahas tentang perkembangan teknologi informasi dari masa ke masa khususnya pada perkembangan komputer. Perkembangan teknologi informasi yang dibahas dimulai dari perkembangan teknologi zaman praaksara, hingga teknologi informasi di zaman sekarang. 

Museum Teknoform berlokasi di Jalan Raya Kedung Baruk no. 98 Surabaya, Universitas Dinamika. Museum Teknoform memiliki ratusan koleksi yang dikategorikan berdasarkan perkembangannya, seperti perkembangan alat tulis, telepon, radio, handphone, jam, hingga perangkat komputer masa kini. 

Agar pembelajaran selama kunjungan berjalan lancar dan efektif maka kunjungan dibagi menjadi tiga gelombang berdasarkan rombongan kelas secara bergantian. Siswa yang pertama kali berkunjung adalah siswa kelas 5B, disusul kelas 5C, dan yang terakhir siswa kelas 5A. 

Hal yang menarik saat kunjungan adalah sarana transportasi yang digunakan. Para siswa naik angkutan kota (angkot). Banyak siswa yang baru pertama kali merasakan naik angkot. Mereka tampak sangat gembira dan merasakan hal baru, yaitu serunya naik angkot. 

Tiba di museum Teknoform, para siswa disambut hangat oleh Pak Galih; petugas museum. Pak Galih menjelaskan tentang benda-benda yang menjadi koleksi museum. Para siswa tampak menyimak penjelasan sambil mengamati dan mencoba beberapa benda yang menjadi koleksi museum. 

Para siswa tampak senang dengan kunjungan tersebut. Bertambah ilmu dan pengalaman. Selain itu para siswa juga dapat mencoba beragam benda koleksi museum. 

Ada radio tabung yang masih berfungsi dengan baik. Saat dinyalakan, radio dapat menangkap siaran dari salah satu pemancar radio di Surabaya. Sungguh pengalaman yang sangat berharga. 

Penulis : FX. Marjanto, S.Pd.,S.E 

 

Berikut foto-foto kunjungan para siswa kelas 5. 

 

Aneka kegiatan di museum Teknoform