News &
Updates

News Image

Share

KESERUAN HUT KE-63 PRAMUKA DAN HUT KE-79 RI
27 Agustus 2024

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmaris, Rabu (14/08/2024). Semangat pagi ini dirasakan oleh anak-anak SD dan SMP Santa Maria Surabaya saat berkumpul dalam upacara memperingati HUT   ke-63 di lapangan. Dalam upacara yang dipimpin oleh ibu Marta selaku kepala sekolah SMP Santa Maria, anak-anak diajak untuk semakin memiliki jiwa Pancasila untuk menjaga kedaulatan NKRI. Dalam upacara kali ini, Kamabigus dan Bingudep juga melantik dewan penggalang dari SD dan SMP untuk tahun ajaran 2024/2025. 

 

 

Tidak hanya mengikuti upacara memperingati HUT Pramuka ke-63, anak-anak SD Santa Maria melanjutkan dengan berbagai lomba-lomba memperingati HUT RI ke-79. Lomba-lomba fisik yang dilaksanakan per fase, yaitu fase A untuk kelas 1 dan 2, fase B untuk kelas 3 dan 4, dan fase C untuk kelas 5 dan 6 serta lomba yel-yel perjenjang.

Lomba spons air diikuti oleh anak-anak kelas 1 dan 2. Dalam lomba ini, anak-anak bekerja sama dalam kelompok untuk memindahkan air menggunakan spons. Mereka melewati rintangan sederhana, dengan cara melompati rintangan berbentuk cone dan lari zig-zag, lalu memeras spons air ke dalam ember. Semangat anak-anak terlihat dalam mengikuti lomba ini, meskipun mereka menjadi basah.

 

 

 

Tak kalah serunya dengan anak-anak kelas 1 dan 2, lomba memindahkan bola ke dalam kardus juga diikuti oleh anak-anak kelas 4 dan 5. Kerjasama tim semakin nampak ktika anak-anak berusaha membuat bola bisa masuk ke dalam lubang kardus dengan mempertahankan keseimbangan yang dibawa. 

 

 

Kakak-kakak kelas 5 dan 6 juga unjuk kebolehan dalam lomba tarik tambang. Mereka bekerja sama untuk menarik tambang agar bisa memenangkan lombanya. Panas terik matahari tidak menyurutkan semangat mereka untuk memenangkan lomba.

 

 

Kegiatan memperingati HUT RI ke-79 ditutup dengan lomba yel-yel antar kelas. Adik-adik kelas 1 mengawali yel-yel dengan berani, diikuti oleh anak-anak kelas 2, 3, 4, 5, dan kakak kelas 6 mengakhiri dengan meriah. Mereka sangat antusias dengan gerakan dan peralatan yang disiapkan. Yang spesial dari lomba ini adalah yel dari pemenang lomba akan dipakai sebagai yel sekolah dalam berbagai kegiatan. 

 

 

 

 

Sukacita hari ini juga didukung oleh para orang tua yang membuka stan bazar makanan dan minuman. Mereka menjual makanan dan minuman, seperti mie ayam, siomay, nasi rendang, salad jelly, es cincau, es jeruk segar.

 

 

 


 

Ditulis oleh: Maria Goretti Trivina Andini

Editor: Endang Widayati