News &
Updates

News Image

Share

Ikut Lomba Peneliti Pelajar SD Santa Maria Makin Bersinar
15 Mei 2023

Ikut Lomba Peneliti Pelajar

SD Santa Maria Makin Bersinar

William dan Thevi sedang menunggu juri LPPS

Rabu, 3 Mei 2023, SD Santa Maria berkesempatan mengikuti lomba Peneliti Pelajar Surabaya. Lomba ini diselenggarakan di gedung Balai Pemuda kota Surabaya, Jl. Gubernur Suryo No. 15. Kegiatan diadakan dalam rangka memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

SD Santa Maria akan menampilkan penerapan konsep matematika pada batik shibori. Batik dipilih karena merupakan salah satu warisan budaya Indonesia. Shibori adalah teknik pewarnaan kain dengan menciptakan motif dari lipatan. Proses pembuatannya pun lebih cepat daripada batik lainnya. Selain itu, tidak memerlukan bahan yang sulit.

Saat membuat batik shibori, kita juga melibatkan ilmu matematika. Mulai dari mengukur kain yang digunakan sampai pewarnaan. Dalam pengukuran, alat bantu penggaris atau meteran untuk mengukur panjang sisi kain digunakan. Pewarnaan kain ini untuk menghasilkan bentuk-bentuk yang menarik, dapat menggunakan konsep perbandingan. 

Dalam pembuatan batik shibori,para siswa kelas VI dibimbing Ibu Vanda, guru Seni Budaya dan Ketrampilan. 

Pembuatan batik shibori ini tidak memerlukan waktu yang lama. Cukup siapkan bahan kain, karet, dan pewarna saja. Kain yang sudah siap dibuat lipatan-lipatan untuk membuat motifnya. Agar lipatannya tidak lepas, dapat menggunakan karet. Setelah itu, kita celupkan kain tersebut ke dalam pewarna. 

Stand lomba peneliti pelajar surabaya milik SD Santa Maria sangat menarik pengunjung. corak warna krem polos digunakan untuk alas kain batik shibori. Ditambah dengan perpaduan warna merah muda, kuning, biru, dan coklat dalam gradasi gelap terang pada motif batik shibori akan menambah kesan wow pada stan lomba SD Santa Maria. Batik ditata dalam bentuk persegi dan persegi panjang serta disusun rapi. Pada bagian atas tak lupa ditampilkan poster tentang batik shibori dan proses pembuatannya.

 Penulis: Yustinus/ Guru SD Santa Maria Surabaya

Editor: FX. Marjanto