News &
Updates

News Image

Share

Hai Kakak, Hai Adik
22 Desember 2023

Hai Kakak, Hai Adik

 

 Surabaya, Kampus Ursulin–Sanmaris. Mulai hari Rabu, 13 Desember 2023 sampai hari Jumat, 15 Desember 2023, SD Santa Maria mengadakan kegiatan kakak adik. Apa itu kegiatan kakak adik? Kegiatan kakak adik ini merupakan kegiatan pembiasaan yang baik, di mana kakak kelas bertugas menjaga dan mengajari adik kelas sebagai adik. Selain itu, kegiatan kakak adik ini juga bertujuan untuk lebih mengenal dan mengakrapkan antar siswa di SD Santa Maria antara kelas. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SD Santa Maria mulai kelas 1 sampai kelas 6 dengan berpasangan. Pasangan kelas yang ditentukan sebagai berikut: kelas 1 berpasangan dengan 6, kelas 2 berpasangan dengan 5, dan kelas 3 berpasangan dengan 4.

Semua siswa sangat antusias mengikuti kegiatan kakak adik. Setelah menyanyi bersama untuk persiapan misa natal, kakak kelas menghampiri adik kelas untuk digandeng bersama menuju kelas masing-masing. Setiap kakak menggandeng adik sesuai dengan kelompoknya masing-masing. 

Kegiatan kakak adik di hari pertama adalah membuat hiasan natal. Kegiatan hari pertama ini sangat menarik, anak-anak bersama-sama membuat hiasan natal berupa lonceng natal dari bahan bekas. Kakak mengajari adik cara membuat lonceng natal yang bagus. Misalnya saat adik kesulitan memotong botol bekas, kakak dengan sigap membantu memotongkan. Tak hanya itu, semua siswa saling membantu untuk menyelesaikan hiasan natal tersebut. 

Kegiatan berlanjut dengan makan bersama dan bermain besama. Kakak dan adik makan bersama-sama di kelas masing-masing. Mereka membuka bekal makan bersama dan saling menatap isi bekal makan. Mereka sama-sama ingin tahu isi bekal makan si kakak maupun si adik. Setelah mereka menikmati bekal makan yang sudah dibawakan orang tua, kakak dan adik boleh bermain bersama. Ada yang duduk bersama membentuk lingkaran sambil bercerita dan bertanya-tanya. Ada juga yang bermain bersama.

 

Itulah keseruan kegiatan kakak adik dihari pertama. Kegiatan masih berlanjut dihari Kamis dan Jumat. Anak-anak sangat antusias untuk mempersiapkan kegiatan kakak adik di hari berikutnya.

Penulis     : Yustinus Setio Laksono

Editor      : FX. Marjanto