News &
Updates

News Image

Share

Grow Together to Be Good Leaders
14 Juni 2023

Grow Together to Be Good Leaders

Temu Siaga Kelas I dan II

Senin, 12 Juni 2023, siswa-siswi SD Santa Maria Surabaya kelas satu (I) dan dua (II) mengikuti kegiatan pramuka dengan tema "Grow Together to Be Good Leaders". Kegiatan diawali dengan doa bersama agar kegiatan dapat berjalan lancar. Selanjutnya para siswa dibagi menjadi dua puluh empat kelompok. Dengan adanya kelompok yang dibentuk dapat menggembangkan kerjasama satu dengan yang lain.

Ibu Ike, selaku Kepala Satuan Pendidikan SD Santa Maria, memberikan kata sambutan. “Tema hari ini adalah Grow Together to be Good Leader yang artinya Bertumbuh bersama untuk menjadi pemimpin yang baik, diharapkan melalui kegiatan ini kelak anak anak bisa menjadi pemimpin yang baik, yang humanis dan berwawasan global” ujarnya. 

Para siswa mendapat materi tentang kepramukaan, baik itu tentang lagu-lagu pramuka siaga, tingkatan dalam pramuka, dan kode kehormatan. Setelah itu,  para siswa menyelesaikan tantangan bersama yang diberikan pembina, yaitu merangkai kata-kata dari janji. Setiap kelompok mendapat dua amplop yang berisi Dwidarma pertama dan kedua. Tugas mereka yaitu merangkai kata-kata acak menjadi urutan yang tepat. Kelompok yang paling cepat dan tepat akan menjadi juara. 

Pada sesi kedua siswa-siswi kelas I dan II berkegiatan di tempat yang berbeda. Kelas I menuju aula sedangkan Kelas II menuju lapangan basket. Kali ini kelas I berkegiatan bersama kakak-kakak dari EF. Para siswa belajar tentang makanan dan minuman dengan menggunakan bahasa inggris. Mereka bermain game menebak makanan dan minuman yang ditampilkan dengan menggunakan bahasa inggris. Diakhir acara mereka menyanyikan lagu “ Small Stars “ sebagai penutup acara dan tidak lupa mereka berterima kasih kepada kakak pembina EF 

Saat kelas I mendapat materi dari kakak EF, kelas II mendapat pembinaan dari kakak-kakak SMA Santa Maria di lapangan basket. Mereka mendapat materi kepramukaan dari kakak-kakak dari SMA Santa Maria, Surabaya. Dalam pos-pos kegiatan, para siswa kelas II bermain Fun Games yang menguji kekompakan tim, yaitu menirukan suara binatang, tepuk pramuka, dan masih banyak lagi. Selain mengajarkan kekompakan tim, mereka juga diajarkan untuk berkonsentrasi dalam game tersebut. Tidak lupa, setelah berkegiatan, mereka berfoto dengan kakak-kakak pembina. 

 

Penulis  : Alexander Shaun Agusto (Siswa Kelas VIB)

Editor    : FX. Marjanto

 

Berikut foto-foto keceriaan siaga kelas I dan II dalam kegiatan Temu Siaga