News &
Updates

News Image

Share

Diskusi Menjadi Karya Inovasi Hebat
31 Mei 2025

Surabaya, Kampus Ursulin-Sanmaris. Menjelang akhir tahun pelajaran, para siswa dan siswi kelas 6 melaksanakan kegiatan Projek Akhir. Setiap kelompok diminta membuat karya yang kreatif dan bermanfaat  Kami sekelompok mulai berdiskusi untuk membuat suatu produk yang menarik dan bermanfaat. Pada saat berdiskusi, ketua kami, Fanya memberi ide untuk membuat Website. Web berisi tentang alkitab perjanjian baru, contohnya seperti terdapat video, kuis, dan lain sebagainya. 

Pada hari Rabu tanggal 7 Mei 2025, proses kerja kelompok dimulai. Pada hari itu Bu There memaparkan materi serta kegiatan untuk mempersiapkan projek akhir produk maupun pagelaran tari. Setelah Bu There memaparkan materi, kami langsung diberi tugas untuk berdiskusi dengan kelompok masing masing tentang produk/ aplikasi yang akan dipamerkan pada saat gelar karya. Pada saat kelompok kami berdiskusi, kelompok kami tetap yakin bahwa produk yang akan kami buat adalah website tentang alkitab. Lalu kelompok kami menyampaikan produk yang akan kami buat kepada Bu There. Saat kami menyampaikan produk yang akan kami buat kepada Bu There, ternyata terdapat kelompok lain yang sama dengan kelompok kami yaitu membuat produk tentang alkitab tetapi bedanya mereka menggunakan aplikasi canva. Lalu kami diminta untuk memikirkan lagi produk yang akan dibuat. Saat itu Fanya dan Velly merasa kebingungan tentang produk apa yang harus dibuat. Lalu Fanya dan Velly mempunyai ide untuk membuat produk yaitu kipas angin dari sumber energi dinamo.  Ternyata ide tersebut belum sesuai dengan temanya. Lalu kami memikirkan lagi produk yang harus dibuat dan kami memiliki ide yaitu membuat mobil dari tenaga air. Namun, ide tersebut sama dengan kelompok lain, sehingga kami perlu memikirkan kembali yang akan kami buat.  Kami merasa putus asa namun tidak mematahkan semangat kami untuk maju. 

Setelah beberapa saat kemudian, salah satu anggota dari kelompok kami yaitu William memberikan ide untuk membuat produk digital menggunakan aplikasi Zep quiz. Kami akan membuat aplikasi Zep quiz bertema menjaga kesehatan. Ternyata, aplikasi tersebut sudah banyak digunakan pada kelas lain. Untuk itu, ketua kelompok kami memutuskan untuk mengadakan Zoom Meeting bersama untuk memberikan ide-ide produk yang akan kami buat. Zoom tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 9 Mei 2025 pukul 21.00. Setelah berdiskusi dengan panjang, kami memutuskan untuk membuat produk digital. Karena jika kami membuat produk, kami hanya memiliki 2 hari untuk persiapan membuat produknya, karena pada tanggal Senin, 12 Mei 2025 libur untuk merayakan hari raya Waisak bagi umat yang beragama Buddha , dan pada hari Kamis, 15 Mei 2025 akan dilaksanakan gladi bersih jadi kami mersa panik karena kami belum mulai membuat produknya.

 Karena itu, kami telah memutuskan untuk membuat produk digital. Kami juga telah memilih aplikasi Word wall untuk membuat dua game. Satu bertema tentang kesehatan, dan satu bertema tentang pengetahuan umum. Untuk kuis Kesehatan, terdapat 2 macam, yaitu matching game tentang olahraga, dan matching game tentang informasi kesehatan. Dan untuk quiz Pengetahuan umum terdapat 4 macam game, yaitu 2 kuis tentang pengetahuan umum kelas 1 hingga kelas 3, dan kuis tentang pengetahuan umum kelas 4 hingga kelas 6. Setelah kami memutuskan produk apa yang akan kami buat, kami sekelompok langsung membuat game dengan menggunakan aplikasi Wordwall dan kami juga mempersiapkan laporan, stand, serta pembagian tugas untuk persiapan pagelaran karya Pada hari Jumat, 16 Mei 2025.

Pada hari Selasa sampai dengan hari Kamis 2025, Kami sekelompok melaksanakan kegiatan proses membuat game menggunakan aplikasi Wordwall serta kami juga harus menyiapkan laporan, daftar tamu, banner, pembagian tugas untuk persiapan pagelaran karya. Pada saat kami selesai membuat game, kami sekelompok menunjukkan dan menjelaskan produk yang akan kami buat serta meminta saran apakah ada yang perlu diperbaiki ke Bu There. Setelah kami memperbaiki game yang kami buat, keesokan harinya kami menunjukkan game yang telah kami perbaiki. Dan ternyata kami mendapat kabar gembira karena game kami sudah sempurna dan siap untuk dipamerkan pada saat pagelaran karya. Pada hari Kamis tanggal 15 Mei 2025, setelah pulang sekolah kami sekelompok bekerja sama untuk mempersiapkan stand bersama para orangtua supaya pada hari Jumat kami sekelompok tidak kewalahan untuk menyiapkan stand.

Setelah proses diskusi yang sangat panjang dan penuh tantangan, tibalah saatnya kami menunjukkan produk yang kami buat pada hari Jumat tanggal 16 Mei 2025. Kami para siswa dan siswi kelas 6 melaksanakan pembukaan pagelaran karya. Setelah itu, kami bersiap untuk menunjukkan produk yang sudah kami buat kepada adik kelas, kakak kelas, maupun pengunjung yang lainnya. Ternyata pada saat pagelaran karya banyak sekali pengunjung yang datang di stand kami. Kami sekelompok merasa senang karena akhirnya keinginan kami terwujud.

Dari pengalaman dan kegiatan Pagelaran Karya kelas 6, kami kelompok 5 kelas 6B merasa senang karena stand kami banyak dikunjungi adik kelas, kakak kelas, dan masih banyak lagi. Dan kami sekelompok merasa senang karena akhirnya kerja keras kami membuahkan hasil yang memuaskan karena stand kami yang banyak pengunjung. Serta dari kegiatan Pagelaran Karya kami sekelompok dapat belajar untuk saling menghargai, saling memotivasi, menerima kelebihan dan kekurangan setiap anggota dan saling melengkapi satu sama lain. Kami sekelompok juga belajar bahwa apabila dalam kelompok dapat bekerja sama dengan baik pasti kelompok tersebut menjadi kelompok yang kompak dan memiliki ikatan yang kuat antar anggota serta kami juga dapat belajar bahwa dalam kelompok tidak boleh menggantungkan satu orang untuk mengerjakan tugas tetapi semuanya juga harus ikut berperan supaya setiap anggota juga merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang pemimpin dalam kelompok. Demikian sharing ini, semoga sharing kami berguna dan bermanfaat bagi yang membaca. Terimakasih dan Tuhan Yesus Memberkati.

Penulis : Skolastika Zefanya Alona dan William Travis Leo,murid dari kelas 6B SD Santa Maria Surabaya.

Editor : Ibu Theressa S.D