News &
Updates

News Image

Share

Bermain Bersama Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin
31 Oktober 2023

Bermain Bersama Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin

 

 

Surabaya, Kampus Ursulin–Sanmaris. (26/10/2023) merupakan sebuah momen yang penuh  keceriaan dan inspirasi bagi lima siswa perwakilan anak kelas enam SD Santa Maria, yaitu Rohini Devi, Stanley Matthew Yopan, Marcia Devana Kaliani, Birgita Christhevilian Kusumanindya, dan Darren Justin Darusman. Mereka terpilih mengikuti kegiatan kunjungan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan di SD N Pakis III. 

Berikut anak-anak yang menjadi perwakilan dari SD Santa Maria akan memberikan testimoni mengharukan tentang pengalaman mereka dalam mengikuti kegiatan bersama Ibu Presiden beserta rombongan. 

Mari kita simak lebih lanjut cerita penuh semangat ini dalam testimoni berikut. 

Rohini Devi (6A-27)

Saya dan beberapa teman dipilih untuk bertemu Ibu Negara dan Istri Wakil Presiden. Saya bangga karena dapat bertemu dengan beliau berdua. Hari Kamis, 26 Oktober 2023, saya dan teman-teman berangkat ke lokasi, di SDN Pakis III. Sesampainya disana, kami berlatih sebentar. Ketika Ibu Iriana dan Ibu Wury beserta rombongan tiba, kami bersiap-siap di posisi 

masing-masing. Kami menyambut beliau dengan melakukan senam sekolah sehat. Dilanjutkan  dengan permainan tradisional, seperti balap karung, balap bakiak, kopral, kelereng, dan sepak bola paku. Ibu Iriana dan Ibu Wury ikut bermain bersama kami. 

Sesudah bermain dengan beliau kami masuk ke dalam aula. Disana kami diberi beberapa pertanyaan yang dapat menjawabnya akan menerima hadiah berupa sepeda. Tetapi, sayang sekali saya dan teman-teman Santa Maria tidak dipilih oleh panitia untuk menjawab pertanyaan tersebut. Setelah acara selesai, setiap peserta diberi goodiebag besar yang berisi dua tas ransel, perlengkapan sekolah, dan snack. Saya merasa sedih karena tidak boleh meminta tanda tangan Ibu Iriana dan Ibu Wury karena beliau berdua dijaga sangat ketat. Walaupun demikian, saya tetap merasa sangat senang dapat menikmati keseruan bersama Ibu Iriana dan Ibu Wury. 

Stanley Matthew Yopan (6A-32)

Tanggal 26 Oktober 2023, saya mengikuti kegiatan bermain bersama Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, serta OASE Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya saya telah dipanggil oleh Bu Endang selaku wali kelas saya untuk diberi tahu bahwa saya diberi tugas mewakili siswa-siswi SD Santa Maria untuk mengikuti kegiatan tersebut. Saya sangat gembira. 

Kegiatan ini diadakan di SDN Pakis III. Saya dan teman-teman serta Ibu Siska sebagai pendamping kami berangkat pukul 06.00 menuju ke lokasi. Di lokasi masih sepi sehingga kami masih bisa foto bersama. Di sana terdapat banyak permainan tradisional, yaitu ular naga, kelereng, sepak bola paku, balap karung, dan bakiak. 

Sebelum saya bermain, kami melakukan senam sekolah sehat untuk menyambut kehadiran Ibu Iriana dan Ibu Wury. Saya merasa senang bisa bertemu istri orang nomor satu di Indonesia. Saya merasa senang karena mendapat kenang-kenangan berupa tas ransel dan perlengkapan sekolah. Saya merasa sangat bangga karena dapat mewakili sekolah untuk bertemu dengan beliau. 

Marcia Devana Kaliani (6B-20)

Pada hari Kamis, 26 Oktober 2023, saya bersama teman saya Thevi, Rohini, Darren, dan juga Stanley  pergi ke SDN Pakis lll untuk bermain bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin. Kami ditemani oleh Ibu Sisca. Di sana terdapat banyak murid-murid yang hadir mulai dari sekolah negeri maupun sekolah swasta. Di sana kami mendapatkan kaos seragam dan topi.

Sebelum acara, kami melakukan gladi. Disana kita diberitahu bagaimana alur acaranya dan kami dibagi menjadi beberapa tim untuk bermain permainan tradisional.

Sekitar pukul 9.00 Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin datang bersama rombongan disambut dengan penampilan cublak-cublak suweng dari anak TK dan belajar cuci tangan dari anak TK. Disana kami juga bertemu istri wali kota Surabaya Ibu Eri Cahyadi. Selanjutnya kami melakukan senam bersama-sama. 

Selanjutnya kami bermain kopral. Kopral adalah salah satu permainan tradisional yang diadakan di acara tersebut. Satu tim kopral berisi 2 orang dan saya bermain bersama Thevi. Permainan cukup seru, tapi sayangnya kami kalah karena tim lawan lebih jago. Di sana juga ada permainan Lekeran, balap karung, bakiak, ular naga, bola paku.

Selesai bermain, kami diajak menuju ke aula untuk tanya jawab bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan. Saya merasa sedih karena saya tidak terpilih untuk menjawab. Namun rasa sedih saya terobati karena saya sudah dapat melihat Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin dari dekat. Selain itu kami juga mendapatkan banyak souvenir antara lain tas, alat tulis, buku, alat warna, botol, dan yang pastinya jajan. 

Setelah selesai acara saya kembali ke sekolah dan mengikuti pelajaran kembali dengan penuh sukacita karena telah mendapat kesempataan yang berharga ini. Semoga saya dapat merasakan kesempatan seperti ini lagi di lain kesempatan. 

Birgita Christhevilian Kusumanindya (6C-1)

Hari Kamis, 26 Oktober 2023, saya dan teman-teman mendapat kesempatan untuk bermain bersama Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta OASE Kabinet Indonesia Maju. Kegiatan ini diadakan di SDN Pakis III. Kegiatan dimulai pukul 07.00 – 10.30. 

Perasaan saya ketika mengikuti kegiatan ini sangat senang, karena dapat bertemu langsung dan bermain bersama Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden. Ada banyak permainan tradisional yang telah disiapkan oleh panitia. Permainan tradisional tersebut antara lain nekeran, kopral, bakiak, balap karung, dan sepak bola paku. Setelah bermain, ada sesi tanya jawab. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan Ibu Iriana akan mendapat hadiah sepeda. Saya dan teman-teman Santa Maria tidak mendapat kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut walaupun sebenarnya kami bisa menjawabnya. Kami tetap merasa gembira karena mendapat hadiah berupa tas beserta perlengkapan sekolah. 

Darren Justin Darusman (6C-6)

Hari Kamis, 26 Oktober 2023, saya dan teman-teman (Rohini, Stanley, Caca, dan Thevi) mengikuti kegiatan bermain bersama Ibu Iriana dan Ibu Wury. Pada pukul 08.10 rombongan Ibu Negara hadir di SDN Pakis III. Kehadiran mereka disambut dengan tarian Cublak-cublak Suweng oleh murid-murid TK. Setelah menikmati tarian, Ibu Iriana dan Ibu Wury mencuci tangan bersama para penari. Selain tarian, Ibu Iriana dan rombongan disambut dengan senam Sekolahku Sehat oleh seluruh peserta. Setelah senam selesai, kami bermain bersama sesuai jenis permainan yang kami pilih. Ada lima jenis permainan tradisional yang telah disiapkan,  antara lain bakiak, nekerean, balap karung, sepak bola paku, dan kopral. 

Kemudian, kami diajak masuk ke aula untuk menerima beberapa pertanyaan dan melakukan sesuatu berdasarkan pertanyaan tersebut. Ibu Iriana menunjuk lima anak untuk menjawab. Lima anak tersebut mendapat hadiah berupa sepeda. Selain itu, kami semua mendapat hadiah berupa tas dan perlengkapan sekolah. Saya merasa sangat bangga karena dapat mewakili SD Santa Maria dalam kegiatan tersebut.

Dengan semangat dan cerita yang penuh inspirasi dari lima perwakilan anak kelas 6 yang telah mengikuti kunjungan bermain bersama Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan, menjadi momen berharga bagi anak-anak untuk terus memotivasi kita semua dalam mendukung perkembangan anak-anak Indonesia yang cerdas dan berpotensi.

 

Penulis            : Fransisca Ika Y.A. & H.A. Endang Widayati

Editor              : FX. Marjanto