News &
Updates

News Image

Share

Belajar Sejarah di Museum Trowulan dan Wisata Rohani ke Gua Maria Poh Sahrang, Kediri
26 Maret 2023

 

 

Belajar Sejarah di Museum Trowulan dan Wisata Rohani di Gua Maria Poh Sahrang

Foto bersama di Museum Trowulan, Mojokerto

        Pada hari Jumat, 17 Maret 2023 saya dan semua teman—teman  kelas 4 SD Santa Maria Surabaya mengikuti  karyawisata ke Museum Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur dan ke Gua Maria Pohsarang Kediri, dalam rangka program kegiatan tengah semester. Kami berangkat dengan menggunakan 2 bus besar, berangkat pukul  07.00 WIB  dan tiba di MuseumTrowulan pukul 08.30 WIB disambut oleh bapak dan ibu dari team museum Trowulan.

          Kami langsung diajak keliling museum sambil mendengarkan dan menulis tentang sejarah yang ada di museum tersebut. Museum Trowulan ini merupakan salah satu lokasi bersejarah yang menyimpan banyak koleksi dari masa era kerajaan Majapahit, guci dari tanah liat,koleksi pecahan-pecahan benda dari keramik, arca-arca, miniatur candi-candi, mata uang kuno, dan juga ada tumpukan batu bata kuno yang diperkirakan sisa dari bangunan kerajaan Majapahit.

         Yang membuat teman-teman penasaran, ada sumur kuno yang di dalamnya terdapat banyak koin,yang diperkirakan koin koin tersebut sudah terpendam ratusan tahun. Setelah itu kita berfoto bersama dengan bapak ibu team dari Museum Trowulan. Kami semua senang karena bisa melihat dan mendengarkan secara langsung, sejarah —-sejarah dari kerajaan era Majapahit.

Selanjutnya kita meneruskan perjalanan ke rute berikutnya, yaitu ke Gua Maria Pohsarang Kediri.

       Kami sampai di Gua Maria Poh Sahrang, Kediri pada pukul 12.00 WIB. Kami langsung menuju ke Gua Maria untuk berdoa Rosario yang dipimpin oleh bapak dan ibu guru pendamping  SD Santa Maria. Setelah doa rosario selesai, kami  maju satu persatu ke Gua Maria Poh Sahrang untuk menyalakan lilin dan membakar surat wujud doa yang sudah disiapkan sebelumnya dari rumah. Tidak lupa kami juga foto bersama di depan Gua Maria Pohsarang.

          Setelah itu, kami diberi waktu 10 menit untuk berbelanja di sekitar area sambil menuju ke Biara Susteran. Ini yang paling disenangin, karena bisa berbelanja bebas, kami masing-masing membawa uang saku maksimal Rp. 50.000. Di Biara Susteran semua berkumpul untuk acara makan siang bersama. Makan siang nya enak sekali,teman-teman pada habis semua makannya. Jam makan siang sudah selesai, selanjutnya kita persiapan untuk kembali ke bus pulang ke Surabaya.Di dalam bus, teman-teman masih semangat, tidak ada yang tidur. Semua senang mengikuti karyawisata, bisa berdoa, belanja, makan siang bersama teman—teman. 

           Kami tiba di sekolah Santa Maria Surabaya pukul 17.30 WIB dan sudah disambut oleh para orangtua kami.Sebelum pulang, kami berkumpul dulu di halaman sekolah untuk mendengarkan sambutan dari Ibu Kepala Sekolah,Ibu Ike. Di akhir sambutan dariBu Ike, kami semua dikasih oleh-oleh dariPohsarang, yang sudah dipersiapkan dari pihak sekolah, yaitu sebuah salib kecil yang bagus sekali

Terimakasih banyak Bu Ike, dan semua pendamping bapak ibu guru, yang sudah mempersiapkan dan mendampingi kami semu anak-anak kelas 4karya wisata ke Museum Trowulan Mojokerto dan ke Gua Maria Pohsarang Kediri.

Tuhan senantiasa memberkati.

 

Penulis: Maria Angela Vincentia Soebagio, Kelas 4 SD Santa Maria Surabaya

Belajar tentang sejarah di Museum Trowulan
Berdoa bersama di Gua Maria Poh Sahrang, Kediri