News &
Updates

News Image

Share

Belajar Bersama Mahasiswa Wenzao Ursuline University Taiwan
9 September 2023

Belajar Bersama Mahasiswa Wenzao Ursuline University Taiwan

 

  
 


 

 

Surabaya, Kampus Ursulin-Sanmaris. Pada bulan Agustus 2023 para siswa SD Santa Maria bertemu dengan mahasiswa dari Taiwan. Kedatangan mahasiswa-mahasiswa Wenzao Ursuline University, Taiwan, ke kampus Santa Maria Surabaya menjadi angin segar bagi murid-murid SD Santa Maria. Selama satu bulan, mahasiswa ini berdinamika bersama anak-anak di kampus Santa Maria Surabaya.Tak hanya berkenalan, mereka juga masuk dalam prosespembelajaran di kelasdan memperkenalkan budaya Taiwan. Anak-anak SD Santa Maria sangat antusias saat diberikan penjelasan tentang budaya Taiwan,mulai dari perkenalan kampus Wenzao, perayaanTahun Baru

Cina, makanankhas Taiwan, sampaibernyanyi dan membuatkerajinan tangan bersama.

Kampus Wenzao Ursuline merupakan universitas di bawah naungan suster-suster Ursuline di Taiwan, yang mempunyai bangunanyang besar dan indah. Tak hanya itu, sarana dan prasarana belajar juga sangat memadai. Hal ini terlihat dari bangunan perpustakaan kampus yang juga dilengkapi dengan ruangan untukberdiskusi antar mahasiswa.

 

  
 


 


 

Selain cerita seputar kampus Wenzao yang menarik perhatian anak-anak, ternyata di Taiwan juga merayakan Tahun Baru Cina, yang cara merayakannya sama seperti di Indonesia. Ritual membersihkan rumah, membuat hiasan dan tulisan dari kertas berwarna merah yang ditempel di dinding atau pintu sebelum perayaan menjadi tanda menyambut tahun baru dengan penuh sukacita. Dengan bimbingandari Janice, salah satu mahasiswa dari Taiwan, anak-anakjuga membuat contohhiasan yang ditempel saat perayaan Tahun Baru Cina.

Tak hanya membuat hiasan dinding, mahasiswa dari Wenzao yang lainnya,Amy, juga memaparkan makanan khas Taiwan yang sering dijumpai disana. Makanan yang terbuat dari daging bebek dan babi ini menjadi andalan di Taiwan, seperti Duck Blood yang dimasak dengan kuah pedas dengan tambahan daun ketumbar dan sup bihun dengan isian jerohan babi. Selain itu, juga ada snack favorite yang bisa ditemukan di Taiwan Night Market, yaitu Sweet Potato Balls. Saat menjelaskan tentang makanan khas Taiwan, anak-anak sangat antusias dengan menanyakan rasa dari masing- masing makanan.

  
 


 

 

Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan hari ini, ditutup dengan menyanyi lagu dongeng sebelum tidur dalam bahasa Taiwan. Amy, mengajarkan pada anak-anak cara melafalkan per kata, mendengarkan lagunyadan kemudian bernyanyi dalam kelompok. Tak lupa, anak-anak yang sudah beranibernyanyi diberi kenang-kenangan berupa postcard dan snacks.

Penulis: Maria Goretti TrivinaAndini Editor : FX. Marjanto